Web tentang kopi robusta dari budidaya hingga pemasaran

Saturday, August 1, 2015

Harga Kopi Robusta Indonesia 2015 Berpotensi Naik

Harga kopi Indonesia di tingkat global berpotensi naik. Namun kenaikan harga itu harus disertai dengan sejumlah syarat. Sebagaimana diketahui harga kopi petik di tingkat petani saat ini mencapai Rp 5,000/kg. sementara harga biji kopi kering robusta baru mencapai Rp 20.000/kg. Harga itu bisa berpotensi terus bertambah tinggi, dengan syarat para petani kopi robusta di negara lain, seperti Vietnam, masih bertahan dengan strategi mereka untuk menahan pasokan kopi.

Perlu diketahui bahwa pada 14 Juli 2015 lalu, Blommberg melaporkan bahwa para petani kopi di Vietnam menahan pasokan kopi mereka guna menunggu lonjakan harga. Para petani kopi robusta Vietnam memperkirakan harga kopi dapat mencapai harga tertinggi dalam enam belas bulan ke depan.
Para petani kopi robusta di Vietnam menunggu lonjakan harga kopi sampai setidaknya 40.000 dong atau sekitar Rp 24.000, sedangkan harga kopi sampai akhir bulan Juli baru mencapai 38.000 dong atau senilai Rp 23.000. Harga ini lebih tinggi dibanding harga biji kopi kering robusta saat ini.

Menurut para pedagang kopi Vietnam, strategi para petani kopi Vietnam ini seperti dua sisi mata uang. Pada satu sisi harga kopi di Vietnam dapat menguat, tapi di sisi lain bisa juga jatuh karena importer kopi robusta akan beralih ke negara lain penghasil robusta.

Peluang ini sebaiknay ditangkap petani kopi robusta Indonesia untuk berstragegi dalam menjual kopi. Salah satunya adalah dengan tidak terlalu ketat menahan pasokan kopi. Stategi jangka pendek ini untuk memperluas penyerapan pasar kopi robusta. Sementara untuk jangka panjang, petani kopi tetap harus menahan pasokan mereka.

Perlu diketahui bahwa selama ini negara-negara yang mengimpor kopi Indonesia seperti USA, Jepang, Austria,  Belgia, Norwegia dan Finlandia lebih memilih kopi Vietnam. Saat inilah momentum terbaik agar negara-negara itu mempriotitaskan impor kopi dari Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Harga Kopi Robusta Indonesia 2015 Berpotensi Naik

0 comments:

Post a Comment