Web tentang kopi robusta dari budidaya hingga pemasaran

Friday, July 24, 2015

Syarat Tumbuh Agar Kopi Robusta Panen Maksimal


Tanaman Kopi Robusta membutuhkan persyaratan tumbuh yang baik untuk bisa menghasilkan panen yang maksimal. Persyaratan tumbuh itu dipengaruhi oleh faktor tanah, kelembaban udara, iklim, suhu, curah hujan dan ketinggian tempat. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai faktor-faktor persyaratan tumbuh yang baik untuk tanaman kopi Robusta:

Persyaratan Tanah untuk Robusta
Kopi Robusta membutuhkan tanah yang subur kaya akan unsur hara, gembur dan cukup kandungan air untuk tumbuh optimal. Sebagaimana Anda ketahui, tanah yang kaya akan unsur hara tidak hanya menjadi syarat mutlak pertumbuhan tapi juga berdampak pada hasil. Sedangkan tanah yang gembur memungkinkan terjadinya sirkulasi udara di dalam tanah. Sementara kandungan air di dalam tanah mempengaruhi perkembangan tanaman. Tanah yang  terlalu liat dan lengket karena terlalu banyak kandungan air dapat mempengaruhi pertumbuhan dan hasil panen kopi Robusta. 

Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil maksimal perlu diupayakan  tanah yang memiliki kandungan air cukup dengan sirkulasi udara di tanah yang baik. Selain itu perlu juga dipertimbangkan kelembaban lahan untuk tanaman kopi Robusta.
Kopi Robusta setidaknya membutuhkan pH (keasaman) antara 4,5 dan 5,5. Bila kondisi keasaman tanah kurang, maka bisa ditambahkan pupuk urea untuk meningkatkan pH tanah. Sebaliknya bila tanah memiliki kadar keasaman terlalu tinggi maka perlu ditambahkan kalsium fosfat. Jika kita kesulitan mencari kalsium sulfat, cara paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menambahkan kapur atau gamping mati pada tanah.

Persyaratan Kelembaban Udara
Persyaratan lainnya adalah kelembaban udara dan curah hujan. Adanya musim kering dengan temperatur yang tinggi sangat diperlukan untuk persiapan pembungaan dan pembentukan buah, tetapi pada mekarnya bunga dibutuhkan curah hujan yang cukup.
Tanaman kopi Robusta dapat tumbuh maksimal dan panen melimpah bila berada pada kelembaban udara relatif antara 70 sampai 85 persen dan suhu di antara 13 derajat sampai 26 celcius.
Lalu bagaimana kita mengetahui kelembaban udara dan suhu? Ada cara yang cukup mudah untuk mengukur kelembaban udara maupun suhu di lahan yang akan ditanami kopi Robusta. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi sensor kelembaban di android smartphone.


Persyaratan Curah Hujan
Curah hujan berpengaruh terhadap produksi kopi. Oleh karena itu curah hujan yang ideal adalah yang merata dalam satu tahun. Tanaman kopi dapat mentoleransi batas minimal dalam curah hujan dalam satu tahun sekitar 1000-2000 mm, sedang yang optimal 1.70-2500 mm. Beruntung bagi petani kopi di Indonesia, sebab curah hujan di negeri ini mencapai 2500-3500 mm dalam setahun.
Perlu diketahui bahwa curah hujan yang melebihi batas normal bisa berdampak baik bagi tanaman kopi di daerah daratan rendah. Namun di daerah daratan tinggi, curah hujan yang melampaui batas mengakibatkan musim kemarau yang amat pendek. Padahal tanaman kopi juga membutuhan musim kemarau yang agak panjan untuk berproduksi secara maksimal.
Sebagai contoh kopi Robusta yang membutuhkan musim kemarau antara 3-4 bulan, apabila hal itu tidak terpenuhi maka tingkat produksinya menurun. Secara teori tanaman kopi, termasuk robusta, setidaknya membutuhkan musim kering setidaknya 1,5 bulan sebelum masa berbunga lebat. Perlu diketahui bahwa curah hujan sepanjang tahun yang diperlukan tanaman Robusta berkisar antara  190-200 cm.

Persyaratan Ketinggian Tempat
Sejumlah teori mengatakan kopi Robusta dapat tumbuh optimal pada ketinggian lebih dari 900 meter di atas permukaan laut. Demikian pula dengan jenis kopi lain seperti Liberica dan Excelsa. (Hanya kopi Arabica yang dapat tumbuh maksimal di daerah dengan ketinggian kurang dari 900 meter di atas permukaan laut.)
Sementara teori lain mengatakan bahwa di Jawa kopi Robusta dapat tumbuh optimal pada ketinggian 300-700 meter di atas permukaan laut.

Kedua teori tersebut sebenarnya tidak bertentangan sebab pada hakikatnya kopi Robusta adalah varietas kopi yang dapat tumbuh atau hidup pada kondisi yang berbeda-beda. Artinya kopi varietas ini tidak membutuhkan tempat khusus sebagaimana halnya kopi Arabika. Pendek kata, kopi Robusta dengan mudah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Inilah salah satu keunggulan kopi Robusta.
Mengapa Robusta mudah beradaptasi? Sebab sebelum kopi Robusta dibudidayakan, tempat aslinya berada di hutan dengan pelbagai jenis tanaman dan dapat hidup di tanah dengan ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut (dpl). Karena itu wajar apabila kopi Robusta memiliki nama ilmiah atau latin Coffee robusta Lindl ex DeWild.
Demikian sedikit penjelasan mengenai persyaratan tumbuh bagi tanaman Kopi Robusta untuk bisa menghasilkan panen yang maksimal. Apabila Anda punya pengalaman yang berbeda kita dapat berdiskusi di kolom komentar.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Syarat Tumbuh Agar Kopi Robusta Panen Maksimal

0 comments:

Post a Comment