Web tentang kopi robusta dari budidaya hingga pemasaran

Monday, July 27, 2015

Jadwal Pemupukan Budidaya Kopi Robusta yang Tepat



Tanpa dipupuk kopi robusta bisa tumbuh, tapi tumbuh saja tidak cukup. Kita berharap hasil panen juga melimpah. Oleh karena itu perlu dilakukan pemupukan. Tentu Anda sudah tahu itu. Tapi apakah Anda tahu jadwal pemupukan yang tepat untuk kopi robusta? Dan apakah Anda tahu pupuk apa saja yang harus diberikan? 

Bila sudah tahu syukurlah kita bisa berbagi informasi, tapi bila belum Saya akan sedikit berbagi pengalaman dengan Anda.

Setelah bibit kopi ditanam penting untuk melakukan rutinitas pemupukan. Ada jadwal pemupukan yang tepat untuk kopi robusta supaya memperoleh hasil panen yang maksimal.

Menjaga jadwal pemupukan secara teratur akan mendorong tanaman kopi untuk berbunga. Pemupukan juga harus dilakukan ketika musim penghujan tiba atau ketika suhu ideal dan tanah dalam keadaan lembab.

Pemupukan dapat dilakukan dengan cara disebar atau dengan dibuat cairan. Pupuk organik juga dapat diterapkan pada tanaman setiap dua minggu sekali. Perlu diperhatikan pula bahwa dalam pemberian pupuk organik harus mencakup unsur NPK (Nitrogen, Phospat, dan Kalium). Selain itu perlu ditambahkan beberapa unsur kimia pada waktu tertentu untuk meningkatkan pertumbuhan, berbunga dan buah sepanjang tahun.

Berikut ini adalah jadwal umum pupuk yang saya gunakan untuk pohon kopi sepanjang tahun.

November-Januari
Pada bulan-bulan ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan penanaman. Di Indonesia pada bulan-bulan ini sedang musim penghujan sehingga cocok untuk melakukan rutinitas penanaman bibit baru.

Jika tanaman sudah dewasa maka pemupuka pada bulan Januari bertujuan untuk membantu pertumbuhan akar pada tanaman.

Februari
Pada bulan Februari ketika curah hujan tidak terlalu tinggi perlu dilakukan pemupukan yang banyak mengandung unsure Nitrogen. Fungsi pupuk nitrogen adalah membantu pertumbuhan akar pada tanaman kopi. Dengan semakin banyak akar maka semakin banyak unsur hara yang diserap tanaman.

Maret
Pada bulan Maret ketika tanaman kopi mulai berbunga perlu ditekankan pemberian pupuk Kaliaum (Potasium). Fungsinya adalah memperkuat bunga dan menahan dari serangan penyakit dan hama.

April
Pada bulan ini perlu ditekankan pemberian unsur nitrogen. Sebagaimana Anda ketahui fungsi nitrogen pada tanaman kopi yakni membantu dalam metabolisme dan respirasi. Secara praktis pemberian unsur nitrogen pada bulan April adalah untuk membantu pembentukan cabang dan daun-daun muda.

Mei
Pada bulan ini biasanya bunga-bunga kopi mulai berubah menjadi buah-buah kecil. Pada kondisi seperti ini dibutuhkan unsure Kalium yang lebih banyak dibanding pada bulan April. Fungsinya adalah membentuk kualitas dan bobot buah.

Juni
Pada bulan ini tanaman kopi sudah berbuah dalam bentuk yang masih sangat muda. Oleh Karena itu diperlukan pupuk komplit yang mengandung unsur NPK. Pada masa-masa produksi ini, tanaman kopi membutuhkan banyak nutrisi untuk membuat buah sekaligus penguatan batang.

Juli
Pada bulan Juli ketika buah sudah makin membesar, perlu diberikan pupuk Kalium. Tujuannya untuk menambah bobot buah.

Agustus
Pada bulan Agustus ketika sebagian buah sudah mulai matang dan dipanen diperlukan pemberian pupuk NPK. Tujuannya supaya pada masa istirahat produksi (bulan September) tanaman masih punya cadangan nutrisi.

September-Oktober
Pada bulan ini biasanya kopi siap dipanen. Bulan ini adalah periode istirahat bagi tanaman kopi setelah bulan-bulan sebelumnya melakukan produksi.

Begitu seterusnya jadwal pemupukan itu dilakukan sepanjang tahun untuk menghasilkan panen kopi robusta yang melimpah. Selamat mencoba, semoga sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jadwal Pemupukan Budidaya Kopi Robusta yang Tepat

1 comments:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete