Web tentang kopi robusta dari budidaya hingga pemasaran

Sunday, July 26, 2015

Cara Tepat Tanam Bibit Kopi Robusta

Cara menanam kopi robusta nampaknya sepele, namun tidak demikian sebenarnya. Ada cara yang tepat untuk menanam bibit kopi (robusta) dari polybag sehingga kelak mendapatkan pertumbuhan optimal. Cara-cara yang saya sampaikan ini berdasarkan pengalaman nyata, berikut ini caranya:

1. Ambil Bibit dari Polybag
Setelah lubang siap ditanami, langkah selanjutnya adalah melepas bibit dari kantong polybag. Perlu kehati-hatian ketika melepas kantung polybag agar akar bibit kopi tidak putus. 

2. Perhatikan akar utama pada bibit
Apabila bibit telah diambil dari polybag, maka selanjutnya pelajari sistem akar pada bibit.  Sangat penting untuk memperhatikan akar utama pada bibit. Akar utama ini jangan sampai putus karena akar ini yang kelak akan menjadi penopang utama tanaman kopi bertahun-tahun mendatang.

3. Pastikan akar utama tertanam tegak lurus
Setelah ketemu akar utama maka selanjutnya tanam bibit dengan posisi akar utama mengarah lurus ke bawah dan bukan ke samping. Sedangkan akar penunjang lain ditanam secara menyamping. Cara penanaman seperti ini akan sangat membantu pertumbuhan akar yang sehat. Mengapa begitu? Sebab dengan perlakuan seperti itu, akr-akar akan lebih mudah menyerap unsure hara di dalam tanah. 

Selanjutnya ketika bibit sudah ditempatkan pada lubang, tutup lubang itu dengan tanah lalu ditekan pelan supaya bibit tetap tegak.

4. Kurangi daun pada bibit
Mengurangi daun pada bibit yang baru saja ditanam tidak berarti kita sedang menyakiti tanaman. Tapi fungsinya adalah mengurangi penguapan air pada tanaman. Tanaman baru membutuhkan adaptasi pada lingkungan tanah yang baru. 

5. Pangkas pucuk batang
Setelah bibit mencapai tinggi 50 cm, maka bagian pucuk bibit dipotong. Untuk efisiensi tenaga, maka pada saat pemotongan pucuk juga sekaligus dilakukan sambung pucuk. Tujuannya agar tumbuh cabang-cabang baru pada batang.  Pastikan bahwa cabang-cabang baru tersebut tumbuh menyamping dari batang. Bibit kopi yang diperlakukan demikian akan tumbuh tinggi seiring dengan banyaknya batang yang tumbuh menyamping. 

Perlu diperhatikan pula bahwa cabang-cabang baru yang tumbuhnya ke atas atau berkebalikan arah harus dipotong. Tujuannya untuk mengoptimalkan pertumbuhan cabang-cabang yang diinginkan. Jika cabang-cabang yang tumbuh liar ini dibiarkan sampai besar akan mengurangi tingkat produktifitas cabang utama dalam menghasilkan buah.

Meski penanaman bibit dianggap kegiatan sepele, namun proses ini sebenarnya sangat penting. Karena proses penanaman yang tepat akan berpengaruh terhadap pertumbuhan kopi dalam tiga tahun mendatang ketika kopi berbuah. Hasilnya bisa dua kali lipat bila dibandingkan dengan metode tradisional dengan cara membiakan bibit kopi tumbuh secara liar.

Akhir kata, semoga curahan pengalaman cara tepat menanam kopi robusta ini bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Tepat Tanam Bibit Kopi Robusta

1 comments:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete