Web tentang kopi robusta dari budidaya hingga pemasaran

Tuesday, July 28, 2015

Cara Mencegah Kanker dengan Minum Kopi



Salah satu cara mencegah kanker payudara adalah dengan minum kopi. Demikian dikatakan oleh para peneliti kanker dari Swedia.

Para peneliti menganalisis data selama dua dekade terhadap  40.000 wanita lebih yang telah merekam asupan kopi, teh, dan coklat sehari-hari mereka. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang meminum kopi lima atau lebih cangkir kopi sehari memiliki risiko 19 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kopi hanya satu atau dua cangkir.
Sebagai perbandingan, wanita yang minum lebih dari satu cangkir teh sehari memiliki 19 persen peningkatan risiko kanker, demikian laporan International Journal of Cancer sebagaimana dilansir dari Dayli Mail Selasa, 28 Juli 2015.

Satu teori tentang manfaat kopi, kata para peneliti, adalah bahwa hal itu mengandung antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Menurut peneliti, kopi mengandung dua hal pokok yakni kafein dan asam caffeic. Keduanyadapat mematikan pertumbuhan sel kanker. "Sel kanker payudara bereaksi dengan dua kandungan ini, terutama kafein, dengan mengurangi pembagian sel dan meningkatkan kematian sel terutama bila dikombinasikan dengan tamoxifen (obat kanker)," ujar Rosendahl salah satu peneliti dari Universitas Zurich.

Selain itu kopi juga bermanfaat dalam mengurangi rasa takut dan kecemasan. Hal ini dibuktikan dengan penelitian terhadap sekitar 120 relawan di Rumah Sakit Jiwa Universitas di Zurich. Para relawan ini diberikan dosis doxycycline atau pil plasebo, dan kemudian akan diberi kejutan listrik ringan sambil melihat gambar di layar komputer, dengan ide menginduksi 'memori takut'.

Para pria dan wanita akan kembali empat minggu kemudian untuk melihat apakah rasa takut itu masih ada (dengan menguji denyut jantung dan ukuran pupil, yang dikenal untuk berubah pada waktu takut) ketika mereka melihat gambar yang sama. Penelitian menunjukkan doxycycline melemahkan memori seperti blok aktivitas protein kunci. Hal ini bisa menghapus kenangan abnormal yang menyebabkan takut, membantu orang-orang dengan gangguan kecemasan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mencegah Kanker dengan Minum Kopi

0 comments:

Post a Comment